.

.

Kegiatan Visitasi Akreditasi SD Negeri 1 Baler Bale Agung Tahun 2023

Pengertian Akreditasi Sekolah

Akreditasi Sekolah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Fungsi Akreditasi Sekolah

Ada 3 fungsi akreditasi sekolah, yaitu:
  1. Pengetahuan, yaitu sebagai informasi bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah dilihat dari berbagai unsur yang mengacu pada standar nasional pendidikan beserta indikator-indikatornya.
  2. Akuntabilitas, yaitu sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah kepada publik terhadap pemenuhan layanan yang diberikan.
  3. Pembinaan dan Pengembangan, yaitu sebagai dasar bagi sekolah, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya peningkatan atau pengembangan mutu sekolah.

Pelaksanaan Akreditasi SD Negeri 1 Baler Bale Agung

Dalam mengikuti kegiatan Akreditasi sekolah, setidaknya kami telah melalui 3 tahap, yaitu:
1. Tahap Sosialisasi IASP dan Pelaksanaan Akreditasi
Tahap ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting.
2. Tahap Asesmen Kecukupan Sasaran Akreditasi
Tahap ini dilakukan oleh asesor dengan mengecek dokumen yang telah diunggah di SISPENA.
3. Tahap Visitasi ke Sekolah
Tahap ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 4 dan 5 September 2023. 
Foto Bersama Tim Asesor Bersama Dewan Guru dan Staf SDN 1 Baler Bale Agung

a. Pelaksanaan Visitasi Hari Pertama
Pelaksanaan Visitasi hari pertama diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Tim Asesor Badan Areditasi Nasional Provinsi Bali, Ketua Komite SDN 1 Baler Bale Agung, Pengawas Pembina, Perwakilan orang tua, Perwakilan Alumni, dan Panitia Akreditasi SDN 1 Baler Bale Agung.
Tari Penyambutan Puspanjali

Pembukaan diawali dengan Tari Puspanjali yang ditarikan oleh siswi SDN 1 Baler Bale Agung. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan dan papara profil singkat sekolah dari Kepala SDN 1 Baler Bale Agung. Kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Asesor 1, Drs. H Sugeng Sudarsono, M.Pd. (Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Denpasar) dan Asesor 2, I Komang Wisnu Budi Wijaya, M.Pd. (Dosen UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar).
Peserta Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Setelah rehat sejenik sambil menikmati snack, kegiatan validasi dokumen dan wawancara mulai dilakukan. Diawali dengan wawancara terhadap Ketua Komite, perwakilan orang tua, dan perwakilan alumni. 
Asesor Mewawancarai Ketua Komite, Perwakilan Orang Tua, dan Perwakilan Alumni

Setelahnya dilanjutkan dengan wawancara terhadap kepala sekolah, dan terakhir wawancara kepada dewan guru dan staf sesuai dengan pembagian komponen.
Wawancara Asesor kepada Kepala SDN 1 Baler Bale Agung didampingi oleh guru senior
Wawancara Asesor kepada Dewan Guru

b. Pelaksanaan Visitasi Hari Kedua
Hari kedua dilaksanakan untuk mengamati proses pembelajaran di kelas. Kelas yang diamati adalah kelas 3A sebagai perwakilan kelas rendah dan kelas 4A sebagai perwakilan kelas tinggi.

Asesor 1 Mengamati Proses Pembelajaran di Kelas 3A

Asesor 2 Mengamati Proses Pembelajaran di Kelas 4A

Setelah selesai mengamati proses pembelajaran, asesor melanjutkan dengan mewawancarai perwakilan 10 siswa sekaligus pengisian instrumen tentang perundungan.
Asesor Mewawancarai Perwakilan Siswa

Kegiatan visitasi berjalan dengan lancar. Terima kasih kami ucapkan kepada tim asesor, ibu pengawas, dewan guru dan staf, ketua komite, perwakilan orang tua, perwakilan alumni, dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan akreditasi. Semoga hasilnya sesuai harapan dan SDN 1 Baler Bale Agung dapat selalu memberikan pelayan prima kepada peserta didik.

Penulis:
I Wayan Ardika

0 Komentar