.

.

SEHARI PENUH BERSAMA SD NEGERI 1 BALER BALE AGUNG

Halo...
Bagaimana kabar kalian hari ini?
Selamat datang kembali pada kegiatan SD Negeri 1 Baler Bale Agung dalam minggu ke-2 bulan Januari


Pembiasan Positif
SD Negeri 1 Baler Bale Agung


Pendidikan sekolah dasar adalah pendidikan anak yang berusia 7 sampai 13 tahun sebagai pendidikan di tingkat dasar yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan sosial budaya. Pendidikan Sekolah Dasar merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan dan mencetak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti, dan santun serta mampu menyelesaikan permasalahan dilingkungannya. Pendidikan merupakan aspek penting dalam masyarakat, tanpa pendidikan maka pengetahuan dan keterampilan di tengah-tengah masyarakat tidak akan maju. Untuk memajukan sekolah, sangat penting dilakukan kerja sama dalam berbagai pihak, yang salah satunya dengan masyarakat.

Sekolah adalah institusi sosial yang didirikan oleh masyarakat untuk melaksanakan tugas-tugas pendidikan kepada generasi muda. Dalam konteks ini pendidikan dimaknai sebagai proses untuk memanusiakan manusia untuk menuju kepada kemanusiaannya yang berupa pendewasaan diri. Melalui pendidikan disemaikan pola pikir, nilai-nilai, dan norma-norma masyarakat dan selanjutnya ditransformasikan dari generasi ke generasi untuk menjamin keberlangsungan hidup sebuah masyarakat.

Untuk itu sangat diperlukan adanya program dan kegiatan yang terstruktur untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak. Untuk itu, kami segenap stakeholder SD Negeri 1 Baler Bale Agung bersinergi untuk menciptakan kegiatan-kegiatan dan program-program yang aktif dan inovatif dalam kegiatan di sekolah. 
Adapun rentetan kegiatan yang dilakukan siswa bersama guru dan staf SD Negeri 1 Baler Bale dalam 1 hari Rabu, 17 Januari 2024 yaitu:

1. Kedatangan Warga Sekolah

Gerbang sekolah mulai di buka pukul 06.00. Warga sekolah datang mulai pukul 06.15 Wita, dan di  depan gerbang sekolah dijaga serta dibantu menyeberang jalan oleh guru piket dan Pak Polisi.


Setiap Pagi Hari Pak Polisi
Menjaga Depan Sekolah

2. Pembersihan Bersama

Membudayakan/ membiasakan hidup sehat dan bersih, hal ini ditunjukkan dengan setiap pagi anak-anak di dampingi guru kelas melakukan pembersihan di telajakan masing-masing.

Pembersihan di Area 
Mozaik Sekolah


Pemilahan Sampah di 
TPA Sekolah


3. Upacara Penaikan Bendera

Setelah melakukan pembersihan, seluruh siswa, guru, dan staf berkumpul di lapangan untuk melakukan upacara kenaikan bendera. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kedisiplinan, semangat kebersamaan, dan rasa syukur.

Upacara Penaikan Bendera



Upacara Penaikan Bendera Pagi ini
Dipimpin oleh Siswa Kelas 5


4. Persembahyangan Bersama

Sekolah tidak hanya untuk mencerdaskan siswa, namun mencetak anak-anak yang bertaqwa sangat penting, hal ini dilakukan melalui pembiasaan sembahyang bersama si lapangan sekolah di setiap pagi.



Pembiasaan Sembahyang
di Pagi Hari


5. Pembiasaan Positif Oleh Siswa

Setiap pagi, seluruh siswa melakukan pembiasaan baik dengan menyanyikan lagu wajib, dan melakukan tepuk bersama-sama. Hal ini dilakukan untuk memupuk rasa disiplin diri, nasionalisme, serta semangat gotong royong setiap siswa.

Perwakilan Siswa Memimpin
Pembiasaan Positif


6. Pengarahan Oleh Guru Piket

Sebelum masuk ke dalam kelas, siswa terlebih dahulu diberikan pengarahan tentang jalannya kegiatan di pagi hari, segala kekurangan dan kelebihan kegiatan yang telah terlaksana. Di sini siswa juga diberikan pengarahan tentang kegiatan/pembelajaran yang akan dilakukan.

Arahan/ Pembiasaan Pagi 
Oleh Guru Piket

7. Kegiatan Pembelajaran 1

Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tertib di dalam dan di luar kelas. Kegiatan pembelajaran pada jam pertama dilakukan mulai pukul 07.15 Wita - 09.15 Wita.

Kegiatan Pembelajaran 
di Dalam Kelas


Kegiatan Pembelajaran 
di Luar Kelas


8. Istirahat dan Pembersihan

Setelah mengikuti pembelajaran, anak-anak mendapat istirahat. Jam istirahat pertama dilakukan pukul 09.15 Wita - 19.30 Wita. Setelah istirahat anak-anak melakukan pembersihan sebelum memasuki kelas.


Pembersihan yang dilakukan Anak-anak
Setelah Istirahat


9. Kegiatan Pembelajaran 2

Kegiatan pembelajaran kedua dilanjutkan pukul 09.30 Wita. Anak-anak mengikuti kegiatan dengan tertib dan disiplin.

Kegiatan Pembelajaran ke-2
di Kelas

10. Istirahat dan Pembersihan

Istirahat kedua dimulai pukul 10.45 Wita, setelah melaksanakan pembersihan, anak-anak melanjutkan mengikuti pelajaran ke-3.

Siswa Menyiram Pada Istirahat Ke-2

11. Persembahyangan dilanjutkan Pulang Sekolah.

Pembelajaran ke-3 selesai dan anak-anak bersiap pulang sekolah, sebelum pulang, anak-anak melakukan persembahyangan bersama terlebih dahulu. Siswa meninggalkan sekolah pukul 12.15 Wita.


Siswa Menuju Gerbang
Untuk Pulang Sekolah

Siswa Pulang Sekolah
Ada yang Berjalan Kaki dan Dijemput Orang Tua


Berbagai kegiatan dan strategi pembelajaran kita lakukan untuk memaksimalkan perkembangan peserta didik sesuai minat dan bakat yang dimiliki, kami sangat berharap semoga segala upaya yang kami lakukan dapat membentuk anak yang cerdas, bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti, dan santun serta mampu bermanfaat bagi banyak orang.
Kami sangat berharap informasi mengenai kegiatan keseharian SD Negeri 1 Baler Bale Agung ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi mengenai SD Negeri 1 Baler Bale Agung tercinta ini.

Sampai jumpa kembali pada kegiatan SD Negeri 1 Baler Bale Agung yang lain

0 Komentar