.

.

KUNJUNGAN TIM ADIPURA DI SD NEGERI 1 BALER BALE AGUNG


Hari sabtu pada tanggal 3 Februari 2024 tim adipura pusat menyambangi beberapa sekolah, salah satunya adalah SD Negeri 1 Baler Bale Agung. Dengan mengerahkan seluruh kader adiwiyata sekolah, SD Negeri 1 Baler Bale Agung berhasil membuat lingkungan sekolah menjadi bersih dan asri setiap harinya. Kunjungan tim adipura dilakukan dengan maksud untuk melakukan penilaian terhadap kabupaten Jembrana dalam rangka penilaian adipura.

Seperti yang kita ketahui, adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia sesuai kategori kota, yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Kegiatan ini merupakan program nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Setelah hampir 15 tahun tidak memperoleh predikat Adipura, dibawah kepemimpin Bupati I Putu Artha dan Wakilnya I Made Kembang Hartawan bersama masyarakat dalam menciptakan daerah yang hijau bersih, membuahkan hasil meraih prestasi dibidang kebersihan, termasuk penghargaan di bidang penghijauan, berupa Sertifikat Adipura dan Penghargaan Indonesia Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Dari 514 kabupaten dan kota yang ada di Indonesia, prestasi adipura hanya diperoleh oleh 68 kabupaten / kota, salah satunya adalah Kabupaten Jembrana. Sementara untuk Provinsi Bali yang memperoleh Sertifikat Adipura selain Jembrana adalah Kabupaten Karangasem. Seperti diketahui sejak Tahun 2011 Pemkab Jembrana membangun ruang terbuka hijau di setiap kecamatan yang terintegrasi dengan lapangan olahraga, termasuk menata taman perkotaan dan penanaman pohon, sehingga manfaatnya kini dinikmati masyarakat Jembrana.

Kegiatan yang dilakukan oleh tim adipura di SD Negeri 1 Baler Bale Agung adalah mengecek seluruh lingkungan dan mendokumentasikan TPA maupun tempat sampah setiap kelas. Selama kunjungan berlangsung, tidak ada temuan yang melenceng dari aturan pengolahan sampah.



0 Komentar